RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Nama Sekolah : SMK Negeri 7 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Prinsip Profesional Kerja
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2x45 menit
KKM : 70
Standar Kompetensi : Menerapkan Prinsip Profesional Kerja
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi sektor dan tanggung jawab industri
Indikator :
1.1 Mendeskripsikan pengertian industry dengan jelas dan benar (kerja keras, dan displin).
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi diharapkan siswa mampu:
a. Mendeskripsikan profesional kerja
b. Membedakan antara pekerjaan dan profesi
c. Menganalisis hubungan antara rumah tangga produksi dengan profesional kerja.
d. Mendeskripsikan pengertian industry.
II. Materi pembelajaran
Profesi merupakan bagian dari pekerjaan. Akan tetapi setiap pekrjaan belum tentu meupakan suatu profesi.
Suatu pekerjaan dapat dikatakan sebuah profesi apabila terdapat:
1. Mempunyai skill khusus
2. Mempunyai kode etik
4. Ada organisasi yang menaunginya
Di dalam dunia perekonomian kita mengenal adanya rumah tangga produksi dan konsumsi. Untuk menghasilkan barang-barang atau jasa yang berkualitas tentunya diperlukan kemampuan-kemampuan khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu di dalam rumah tangga produksi akan banyak diperlukan profesional-profesional yang akan memenuhi kebutuhan kita tersebut (konsumsi).
Didalam rumah tangga produksi terjadi kegiatan industri.Industry adalah suatu kelompok usaha yang mengahasilkan produk yang serupa atau sejenis. Industri dapat juga didefinisikan sebagai kelompo perusahaan yang mempunyai kegiatan sejenis, baik secara vertikal maupun secara horizontal.
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi umum
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan | Kegiatan Pembelajaran | Pengorganisasian Kelas | |
Waktu | Peserta | ||
1 | 1. Penadahuluan a. Berdoa b. Mengkondisikan kelas c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran d. Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan bagan rumah tangga produksi dan rumah tangga konsumsi. 2. Kegiatan inti Eksplorasi a. siswa diarahkan untuk menulis dipapan tulis macam-macam jenis pekerjaan b. setelah siswa menulis berbagai macam jenis pekerjaan, guru menyampaikan kepada siswa ciri-ciri pekerjaan yang merupakan profesi. Elaborasi a. kemudian siswa diarahkan untuk mendiskusikan dengan teman sebangku agar dapat membedakan antara pekerjaan dan profesi Konfirmasi a. siswa menyampaikan hasil diskusinya. b. guru mengkonfirmasi hasil diskusi siswa dan dilanjutkan kemateri definisi industri. 3. Penutup Siswa bersama-sama guru mengambil kesimpulan terhadap pelajaran yang telah disampaikan. | 15 menit 60 menit 15 menit | Guru Guru dan siswa Guru dan siswa |
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat : - spidol
- White board
Bahan : Modul Pembelajaran
Sumber Belajar:Widaningsih & Samsul Rizal.“Modul Profesional bekerja dan komunikasi bisnis”. Yudistira.2002
(Kegiatan belajar 1. Mengidentifikasi sektor dan tanggung jawab industri. Hal 11.)
VI. Penilaian
a. Tehnik : Pengamatan
b. Bentuk instrumen : Tebel Pengamatan
c. Format penilaian individu (afektif)
No | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Total penilaian | |
Antusias (1) | Ketertiban (2) | |||
1. | | | | |
2. | | | | |
3. | | | | |
4. | | | | |
5. | | | | |
6. | | | | |
Petunjuk penilaian:
Kurang : 60
Cukup : 60-75
Baik : 76-85
Amat Baik : 86-100
Yogyakarta, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa
Dra. Nurdayati Indryatna Yovita
NIP. 196603 182000122 002 NIM. 0940424402
Tidak ada komentar:
Posting Komentar